Sunday, August 7, 2011

Motor Sportz Yamaha,… mestinya Indonesia lebih diutamakan ketimbang India …!!!

Well,… melihat persaingan antara Honda vs Yamaha di Indonesia,… ancaman Honda berikutnya adalah motor sportz …!!! Menurut Juragan,… bukan persoalan kecil nya porsi motor sportz… namun segment motor sportz adalah satu-satunya ‘harta’ Yamaha… yang belum ‘dijarah’ oleh pabrikan Honda …!!! Disini persoalannya… ketika Yamaha lebih ‘menganakemaskan’ India… padahal performance Yamaha India nggak bagus-bagus amaaat… jika dibandingkan dengan performance Yamaha di segment motor 
sportz … di Indonesia …!!!

Monggo saza dilihat… dari sisi target seringkali Yamaha India nggak memenuhi target… !!! Dari sisi penjualan juga… selama semester 1 2011… pabrikan India bisa menjual 152 rebu unit… atau 25 rebu unit per bulan …!!! Padahal pada periode yang sama … Yamaha di Indonesia bisa menjual 159 rebu  unit …!!! Walau lebih tinggi sedikit… namun terdapat perbedaan varian yang digelontorkan antara Yamaha di India dengan di Indonesia …!!!
Pabrikan Yamaha di India perlu menggelontorkan 11 varian (Crux, YBE 110, YBR 125, SS125, SZ, SZ-X, SZ-R, FZ, FZ-S, Fazer, dan YZF-R15) sedangkan di Indonesia pabrikan Yamaha cukup menggelontorkan 3 varian (Byson, Vixion, dan Scorpio 225) …!!! Itupun dengan Byson banyaknya indent tidak maksimal … bagaimana jika Byson sudah maksimal …???

Situasi sudah cukup kritis… mengingat pada semester 1. 2011… pabrikan Honda sudah bisa mengantongi 128 rebu unit di segment sportz …!!! Dari sisi portfolio product setidaknya … kalau Yamaha Indonesia mau maju… setidaknya gelontorkan 6 product yaitu Yamaha R15, Fazer, FZ-S, FZ aka Byson, Yamaha V-ixion dan Scorpio … tentu dengan beberapa basis engine …!!! Apa implikasi jika Yamaha cukup agresif …???

Pabrikan Honda akan sulit ‘menyerang’ Yamaha di segment sportz… soalnya segment 150cc… nyaris tanpa celah… ada R15 yang sportz fairing,… Fazer sportz touring, FZ-S dan FZ yang street fighter… dan Yamaha V-ixion yang high-tech …!!! Jika berani masukin cepet… 5 tahun kedepan… sudah tinggal ‘tidur pulas’ nggak khawatir akan gedoran Honda… !!! Tinggal mikirin segment skutik yang morat-marit… puenaaak thooo …??? Last,… semua nya tergantung Yamaha aza… mau fight balik ‘menghajar’ Honda atau pasrah aza …  


No comments:

Post a Comment