Saturday, June 11, 2011

First Ride Yamaha Fiore, Si Imut Retro Dari Thailand


Gosip skubek baru Yamaha, menyeret skubek retro Yamaha Fiore ke Indonesia. Fiore digosipkan sedang dikembangkan agar cocok dengan pasar lokal. Dari pada ngomongin gosip, yuk kita jajal langsung performa Fiore.

Kebetulan, Probike importir umum yang mangkal di Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua No. 88A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat mendatangkan Fiore langsung dari Thailand.

Desain, Retro Minimalis

Silahkan dipandang, bentuknya imut dengan lingkar roda 12 inci. Kesan retro di dapat dari desain lampu bulat di bodi depannya. Sedang lampu sein serta stop lamp-nya juga dibuat senada dengan menonjolkan garis-garis lengkung.

Bila melihat perpaduan warnanya juga menarik. Yamaha berani mempertemukan warna-warna cerah dengan motif fashion gaya anak muda.  Di Thailand, skubek ini hadir dengan tiga pilihan tema Cool yang tampil kalem, Cute terlihat manis dan Chic dengan warna lebih berani untuk pengendara pria. 

Fitur, Dimudahkan Rumah Kunci Multifungsi
 Seabreg fitur baru disandang skubek mungil ini. Mulai dari tempat penyimpanan barang terlebih dahulu. Di bawah setang sebelah kanan ada konsol untuk menyimpan barang kecil seperti sarung tangan atau perlengkapan berkendara lainnya.

Sedang di bawah jok, ruang bagasinya ekstra lega. Lebar tapi enggak dalam, jadinya helm half face enggak bisa masuk, tapi bawaan lainnya pasti bisa masuk dengan leluasa.

Asiknya untuk membuka jok cukup putar dari rumah kunci kontak. Rumah kunci ini juga menjadi akses membuka tutup tanki bahan bakar di sebelah kiri konsol di bawah setang. Mantabkan! buka jok dan tutup tanki langsung terintegrasi pada rumah kunci yang sudah dilengkapi dengan pengaman bermagnet.

Tutup tanki bahan bakar yang dipindah ke depan juga menambah kenyamanan berkendara. Enggak perlu turun dari jok saat mau isi bensin cui!.

Lanjut ke panel speedometer. Di sana penuh dengan indikator fungsional mulai dari speedometer, fuel meter, check engine lamp sampai waktu penggantian oli-pun ada. Fitur safety yang enggak kalah menarik adalah, motor ini dilengkapi dengan lampu hazard!

Performa, Udah Injeksi Bro!
 Paling menonjol pada mesin skubek ini adalah kemiripannya dengan Mio. Punya volume silindernya sama seperti Mio yaitu 113,7cc dengan bore dan stroke 50 x 57.9 mm tapi Fiore sudah dilengkapi injeksi bahan bakar.

Yamaha menyebut teknologi ramah lingkungannya ini dengan Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection (YMJET-FI). Teknologi ini diklaim membuatnya hemat bahan bakar. Fiore juga sudah dijejali blok silinder dengan teknologi DIASIL silinder.

Saat kunci kontak diputar dan mesin dinyalakan, head lamp langsung menyala. Dan yang terpenting suara dan getarannya mesinnya halus, hanya saja saat gas mulai di pelintir suara sedikit kasar dari CVT-nya agak mengganggu.

Tapi enggak masalah saat mulai jalan, lumayan agresif juga. Tarikannya lembut meski tak segesit Yamaha Mio. Mungkin karena lingkar rodanya nyang lebih kecil.

Handling, Pijakan Kaki Luas
 Duduk di atas joknya, langsung terasa kalau Fiore memang imut banget. Joknya lebar tapi enggak terlalu panjang, buat boncengan ngepas banget. Tapi tenang, karena tebal jadi tetap nyaman kok.

Asiknya lagi, ruang kakinya tergolong luas dan tidak menyempit di bagian bawah seperti skubek kebanyakan. Alhasil kaki leluasa mau diletakan di mana, barang bawaan seperti tas bisa diletakan di dek bawah ini. 

Handlingnya cukup lincah, sesuai dengan dimensinya yang kecil. Untuk jalan-jalan di tengah kemacetan Bangkok atau Jakarta pasti akan mengasikan.

No comments:

Post a Comment