Sunday, June 12, 2011

Mekanisme kerja Fitur Dual Tune Muffler TVS Tormax 150

TVS TORMAX 150cc
Bro sekalian, seperti kita ketahui bersama, bebek super terbaru TVS Tormax 150cc  memiliki sebuah fitur unik yang disebut dengan  Dual Tune Muffler; sebuah mekanisme pada setang kemudi untuk mengubah suara knalpot dengan suara yang gahar ataupun normal Fitur ini pernah . TVS Mengklaim Fitur ini dapat mengubah karakter muffler dari Karakter Harian Standardan Karakter performance dan signifikan mendongkrak 15% Performa motor dari keadaan standar. Prinsip kerja dari fitur ini adalah pengoperasian klep buka tutup pada mufler yang dioperasikan via sebuah Tuas di bawah tuas Choke yang terletak pada setang sebelah kiri. . . . nah Kayak apa mekanisme nya .

Switch Choke dan bawah Switch dualtone muffler
Tuas Penggerak Klep  . . . harus ‘ngolong’ kalo mau ketemu dia
Jadi Sistem Dual Tune Muffler (diluar Mufflernya sendiri yang memiliki desain delta yang unik )  ini terdiri dari  3 Bagian yakni Tuas pemilih pada setang sebelah kiri, Tuas Penggerak Klep  dan Klepnya itu sendiri. Sistem Kerjanya boleh dibilang cukup sederhana. Jika Kita memilih Mode normal Maka di dalam Muffler, Gas Buang akan mengalir di dalam Muffler Via sistem peredam Yang alirannya tidak ‘free’ alias mentok mentok githu, Klep Bawah pada sistem mulut muffler terbuka . ..  sedangkan Klep mufler Free Flow tertutup .
Klep normal dan ‘gahar’
Kira kira kayak gini alur gas buang pada mufler Tormax 150
 Sedangkan sebaliknya Jika Kita memilih Mode Performance/Gahar Maka Klep bawah akan tertutup dan Klep atas Muffler akan terbuka sehingga aliran Gas buang seakan akan Free banget terbuang dan efeknya memang secara logika akan mengubah suara menjadi lebih nge-bas dan performa kerja/tenaga akan bertambah karena disinyalir tidak ada hambatan gas terbuang dan tidak ada kemungkinan tendangan balik, hal ini pun sudah terbukti saat tmcblog test ride beberape pekan yang lalu  . . . naaah sudah sedikit terang kan? silahkan dikomentari . . . Jika bro ingin langsung lihat mekanisme ini, monggo sambangi Booth TVS di PRJ 2011 dan akhir kata semoga berguna, selamat berakhir pekan

No comments:

Post a Comment