Saturday, June 25, 2011

Konsumen India menunggu Honda VTR250,… bagaimana dengan Indonesia …???

Well,… konsumen motor India terlihat cukup antusias menunggu launching Honda VTR250 di India …!!! Motor yang menggunakan displacement 249cc ini… so pasti tidak bisa dipandang sebelah mata …!!! Lha wong,… enginenya V-Twin… aka sudah 2 cylinder DOHC… dan sanggup memuntahkan power 30HP dan torsi maksimum 22Nm …!!! Diperkirakan di India seharga 1.5 laks aka Rp. 30 jeti…  walau banyak konsumen di sana ngareeep agar harga bisa turun lageee …!!
Naagh,.. jika motor Honda VTR ini masuk ke Indonesia pasti laagh gegeeer… dan tentu saja bisa melawan Kawasaki Ninja 250R ataupun Suzuki GW250 …!!! Bahkan Juragan ROndO berani memprediksi… motor ini bakalan laris manis… sepanjang banderolnya wajar.. . !!! Lha wong secara design jiaaan mirip Ducati Monster,… engine sudah  2 cylinder… dan power cukup besar …!!! Seolah layaknya Dewa Perang tanpa celaaa… yang siap memberangus lawan-lawannya …!!!
Last,… berbicara tentang Honda VTR 250 ini… sudah pernah dibahas dan diberi masukan oleh Juragan sekitar tahun 2009 …!!! Apakah motor ini akan masuk juga ke Indonesia… sebagaimana harapan konsumen India… dimana beritanya sudah santer banget… yaaagh kita tunggu saja laaagh … okeey brotherz… ???  


Spec Honda VTR 250
Model Name – VTR250
Engine Type – Liquid-cooled 4-stroke DOHC Vtwin
Bore & Stroke – 60 x 44.2mm
Compression Ratio – 11 : 1
Displacement – 250cc
Ignition – Computer-controlled fully transistorised with electronic advance
Carburation – PGM-FI electronic fuel injection
Starter – Electric
Transmission – 5 speed
Final Drive – O-ring sealed chain
Dimensions (mm) – 2,070 x 725 x 1,055 (LxWxH)
Wheel Base (mm) – 1405
Seat Height (mm) – 775
Ground Clearance (mm) – 155
Fuel Capacity (litres) – 12.4 litres (including 2-litre reserve)
Front Tyres – 110/70 17M/C (54H)
Rear Tyres – 140/70 17M/C (66H)
Front Wheel – Z-type cross-section 5-spoke cast aluminium
Rear Wheel – Z-type cross-section 5-spoke cast aluminium
Front Brakes – 296mm single hydraulic disc with dual piston caliper and resin mould pads
Rear Brakes – 220mm hydraulic disc with single-piston caliper and resin mould pads
Kerb Weight (kg) – 161kg (F: 77kg; R: 84kg)
Warranty Period – 12 Months
Max. Carrying Capacity – 336kg
Loaded Weight – 340kg (F: 114kg; R: 226kg)

Nggak ada pilihan,… Honda VTR 250 mestinya masuk ke Indonesia …!!!

Memang terlihat Honda sudah sedemikian ‘smart’ dengan mau belajar dan menerapkan jurus-jurus baru… !!! Yaagh… gue memberikan predikat ‘Strategi Terbaik’ buat Honda di tahun 2008… !!! Liat aza di segment bebek 110cc… lompatannya membikin ketar-ketir kompetitor lainnya… !!! Namun… di segment sport… praktis belum ada ‘pembaruan’ yang berarti… !!! Sedangkan kompetitornya sudah mulai menggeliat… sebut saza Yamaha dengan V-ixion nya,… ataupun Kawasaki dengan Ninja 250R nya… !!!
Coba kita lihat product Honda… let say Honda Megapro yang dibanderol Rp. 19.6 jeti (untuk versi CW). Jika dibandingkan,… harga antara Yamaha V-ixion dengan Honda Megapro CW (membandingkan nya sama-sama pake CW dengan harga 2009),… cuma selisih Rp. 100 rebu lebih mahal V-ixion… !!! Namun yang didapat banyak fitur ‘canggih’ seperti injeksi, liquid cooled (thuz kompresi lebih tinggi red.),… dan power yang lebih besar… !!! So.. diatas kertas sulit Honda Megapro akan bertahan… terutama dimasa datang… !!!

V-Twin…  2 cylinder DOHC
Memang… kompetitor terdekatnya Yamaha pun, … masih ada ‘celah kelemahan’… diantaranya masih mempertahankan RX-King, ataupun ‘tumpul’ nya… armada Scorpion untuk menggulung Honda Tiger…!!! Di tambah… pada awal peluncuran V-ixion .. banyak dealer bermain dengan ‘indent’ strategy… tanpa memperhitungkan impact dari kepuasaan konsumen ataupun intangible image yang berdampak negatif…!!!
Namun persoalannya akan lain… jika saat ini,… ‘track race’ nya begitu pendek dan berliku alias demandnya sedikit… karena imbas krisis global… !!! Konsumen akan semakin kritis,… apalagi segment motor sportz ini… relatif konsumennya lebih ‘melek’… dan punya bargaining power… !!! Dan ini mulai terbukti… pada tahun kedua (tahun 2008 red.) sejak peluncurannya… Yamaha V-ixion sudah membuntuti Megapro dengan market share 29% … sedangkan Megapro 36%… !!! Memang masih kalah… tapi ingat… Megapro lahirnya sudah duluan jauh,… dan waktu di tahun 2008 … pricing strategy nya berbeda dengan pricing di tahun 2009 ini… !!!

Baik kedua motor sportz Honda tersebut… jika dianalisis dari product life cycle… menurut gue sudah waktunya… mulai pensiun… !!! At least …. kudu memasuki masa persiapan pensiun… !!! Ditanya kenapa… ??? Mumpung para kompetitor belum semakin kuat… belum memasukkan sportz berfairing… belum menambah ‘armada’ di kelas 250cc… belum serbuan motor laki Indihe… !!! So … gue ngeliat… mau nggak mau… pabrikan Honda kudu kembali bikin ‘gebrakan’ sebagaimana di segment bebek 110cc… !!! Yaagh… itu jika mau ‘survive’ secara long term… !!!
Naagh… pilihannya, menurut gue tiada lain… cuma Honda VTR 250… !!! Syukur-syukur bisa menciptakan selain VTR 250… misalnya VTR 200 kek… atau VTR 160 kek… !!! Let say kita bahaz hanya VTR 250… !!! Secara model… ini motor designnya mirip dengan Ducati Monster… so bisa disebut ‘baby ducati’ …!!! Lha model framenya yang diamond mirip bener dengan open trellis nya Ducati… !!! So dari mindset konsumen… ‘alam bawah sadar’ nya… terbersit keinginan memiliki ‘Ducati yang terjangkau’… yaagh hanya ditemui di baby Ducati ini… !!!

Gimana Powernya …??? jangan ditanya.. dengan engine V-Twin 249cc, DOHC, liquid cooled …  compression ratio 11:1, sanggup memuntahkan tenaga sekitar 30HP pada 10500RPM … cocok laagh untuk si baby Ducati ini… !!! Mau masukin yang injeksi atau bikin versi carbu… bagi konsumen nggak ada masalah… lha konsumen udah terpesona dengan designnya kok… si baby ducati… !!! Panel indicator kombinasi jarum dengan digital mirip dengan Ducati Monster gue …!!!  
Suspensi sudah monoshock… dimata konsumen relatif dianggap ‘lebih’ …!!! Rem sudah disc brake … dimanadepan menggunakan 296mm disc dengan 2 piston calipers, dan rem belakang menggunakan 220mm disc dengan 1 piston calipers… !!! Ban yang lumayan gambot (depan pake 110 /70-17, belakang menggunakan 140/70-17 red.)… semuanya itu sudah mencerminkan mindset konsumen akan sportz bike… (gue pernah melakukan survey pada pembaca mengenai hal ini red.).
 Last,… semuanya berpacu dengan waktu… !!! Dari 3 segment yang ada, secara teknologi tinggal segment motor sportz… yang masih terlihat ‘konvensional’ dalam strategy nya… !!! Lagian, launching VTR 250 anyar… di Jepang… mau dibuang kemana… lha wong demand yang kuat itu di China, India dan Indonesia… !!! Dilihat dari segment ini,… Indonesia jelas lebih mempunyai potential buyer untuk membeli product ini… !!! So.. tinggal gimana nerapin “Translating  Strategy into Action” dan gimana “Penetration quickly into the Market” that’s a key to win the battle… and off course to maintain the competitive advantage … !!! 

No comments:

Post a Comment